Rekomendasi Alat untuk MPASI


Rekomendasi Alat untuk MPASI

 Halo Moms sekalian, gimana kabar hari ini? Artikel kali ini saya mau share tentang alat-alat yang saya gunakan untuk membuat MPASI Little E. Alat yang saya gunakan tidak banyak, bisa buat pertimbangan Moms waktu mau beli alat MPASI.

1. Mini Blender

Jadi waktu MPASI 6 bulan, saya pakai mini blender ini untuk blender bubur Little E. Ukuran mini gini pas banget ya Moms untuk porsi anak yang baru mulai makan (fotonya bisa lihat di bawah). Kalau pakai blender besar, juga harus masak banyak, kalau terlalu sedikit, blendernya tidak bisa maksimal πŸ˜‰.

2. Hand Blender

Hand Blender ini saya gunakan mulai MPASI 7 bulan hingga 8.5 bulan ketika Little E sudah mulai bisa makan bubur kasar. Fungsinya untuk blender buburnya (hanya 10 detik saja) lalu juga blender dagingnya serta sayur. Kenapa ga pake mini blender aja? Udah ga muat Moms. Lalu mini blender kalau untuk daging tidak kuat, tidak bisa lembut. Kalau blender gede gimana, bisa ga? Kalau blender besar tetap aja terlalu besar kalau untuk blender daging atau sayur saja, jadi solusi saya adalah hand blender. Merk yang saya pakai Princess, ada pilihan kecepatan hingga 8 level. Merk apapun tidak masalah Moms, yang penting bisa diatur kecepatannya supaya mudah ketika memblender.

3. Saringan

Saringan ini saya pakai waktu awal MPASI yaitu 5.5bulan-7 bulan. Hasil bubur saringan dengan bubur blender tidak sama ya Moms. Bubur saringan tidak seperti adonan, masih ada tekstur gerindil mengikuti bentuk saringan. Tekstur ini cocok sekali untuk tekstur sebelum bubur kasar dan sesudah bubur halus.

4. Wadah MPASI


Saya semuanya menggunakan merk Richell. Tidak ada alasan khusus sih Moms, cuma percaya saja kepada merk ini karena buatan Jepang dan harga juga affordable. Oh iya, untuk wadah MPASI yang Ice Cube, ada tertera di packaging nya untuk penggunaan 5-6 kali saja. Saya sih penggunaan lebih dari 6 kali ya Moms, karena saya jarang sekali memasukkan wadah MPASI ke microwave untuk reheat. Saya selalu thaw di kulkas bawah sehari sebelumya. Lalu, ketika mau masak, saya pindah ke mangkok keramik lalu menggunakan microwave untuk reheat. Jadi menurut saya, aman-aman saja untuk digunakan lebih dari 6 kali. Lalu untuk yang model ice tray, saya juga suka sekali karena banyak pilihan volumenya. Saya paling suka yang 15ml, cocok sekali untuk mix and match puree sayur. Jangan kwatir susah untuk mengeluarkan dari ice tray nya ya Moms, tinggal pencet bagian belakang, balok MPASI akan dengan mudah keluar. Untuk ukuran Ice cube yang saya punya: 50ml, 100ml, 150ml. Semuanya kepake mums, mengikuti umur anak yang semakin besar, per porsi nya akan semakin meningkat.

5. Dandang listrik

Di Taiwan ini ada yang namanya 電鍋, semacam dandang listrik gitu ya? Jadi bisa buat kukus apapun. Saya masak bubur juga pakai ini, masak sayur juga pakai ini, masak daging juga pakai ini 😁. Saya masak paling cm 30 menit menggunakan dandang ini. Kalau di Indonesia mungkin yang lebih sering dipakai adalah slow cooker ya? Konsepnya sama, tinggal masukkan, tutup pancinya, nanti akan stop sendiri setelah matang.


Udah Moms, peralatannya ya cuma itu aja, kalau mangkok sendok kan pasti di tiap rumah ada kan ya? Jadi saya ga perlu mention di sini. Ga ribet kan? Happy cooking ya Moms 😘

Comments

Popular posts from this blog

Kalender Taiwan tahun 2023

Masak MPASI untuk langsung 1 minggu, WHY NOT?

Resep MPASI: Bubur Ikan teri wortel (serving time: 10-15 menit)