Tumbuh Kembang: Little E bisa ambil biskuit kecil dengan tangan dan masukkan ke mulutnya! (pincer grasp)

Hello Moms, hari ini mau catat lagi another milestones dari Little E (9 bulan 25 hari). Akhirnya Little E mau ambil biskuit kecil dengan tangannya dan dimasukkan ke mulutnya! Dan kadang juga ambil biskuit pakai telunjuk dan ibu jarinya (pincer grasp). Hehehe, mungkin bagi banyak moms merasa biasa aja yah, mungkin anak Moms sudah lebih awal bisa. Tapi Little E kapan hari masih belum bisa, dia enggan masukkan makanan dengan jari sendiri. Jadi biasanya diambil, lalu dibuang ke lantai, sampai mamaknya stress bersihin lantai 😁. Kadang saya mikir apa karena saya MPASI ga pakai metode BLW ya (BLW itu makan dengan tangan, bukan bentuk bubur). Tapi ga apa, yang penting sabar aja. Cara saya stimulasi Little E:

Saya selalu kasih dia emut-emut dulu, saya cobain "ini lo biskuit, enak kan?". Dia jadi terpancing, awalnya saya masih suapin dia. Lalu kalau Little E udah tergoda, saya taruh biskuit nya di meja. Hari-hari pertama dia tidak mau ambil lalu makan, dia cuma banting-banting meja. Lalu hari-hari berikutnya, biskuitnya diambil lalu dibuang ke lantai. Saya tetap biarkan, saya juga tidak suapin Little E (saya setiap harinya cuma suapin 2-3 keping saja, setelahnya saya taruh meja). Jadi pokoknya dia tiap hari marah karena masih pengen makan, tapi saya ga kasih, hehehe.

Lalu akhirnya suatu hari Little E punya akal, dia langsung sosop pakai wajahnya 😆. Selama beberapa hari dia seperti ini, saya biarkan juga. Hitung-hitung supaya lehernya panjang dikit, hehe. Lalu suatu hari, saya tuang biskuitnya terlalu banyak di mangkoknya, jadilah saya juga sambil makan juga, eh ternyata ketika Little E lihat saya makan, dia kayaknya kwatir kalah cepat makan dibandingkan dengan saya, jadilah dia langsung gercep pakai tangan 😂. Jadi sejak saat itulah dia mulai perlahan-lahan terlatih pakai tangan untuk ambil biskuit. Kalau dia mau balik cara sosop, saya godain lagi dengan cara ikut makan biskuitnya, dia langsung auto pakai tangan makan nya, hahaha.

Yah begitulah Moms cerita saya hari ini, moga-moga untuk Moms yang anaknya juga masih belum mau masukkan makanan pakai tangan, bisa dicoba cara saya. Oh iya ini foto biskuit yg saya kasih ke Little E.



Comments

Popular posts from this blog

Kalender Taiwan tahun 2023

Masak MPASI untuk langsung 1 minggu, WHY NOT?

Resep MPASI: Bubur Ikan teri wortel (serving time: 10-15 menit)