Tips MPASI: Tekstur, jadwal, dan variasi makanan (5,5 bulan-6 bulan akhir)

Halo Mommies, kali ini saya mau tuliskan perjalanan MPASI saya dengan Little E, siapa tahu bisa bantu mommies sekalian dan juga buat catatan pribadi saya sendiri. Artikel ini saya tulis untuk MPASI mulai 5.5 bulan- 6 bulan akhir ya Moms. Untuk bulan berikutnya saya akan tulis terpisah.

Mungkin ada yang bingung kenapa saya kok mulai MPASI dari 5.5 bulan, bukannya 6 bulan. Saya sebelumnya waktu antar Little E imunisasi, ketemu 3 DSA (di Taiwan sini kalau ke puskesmas sering ganti dokternya), dan ada dua dokter yang suruh saya mulai MPASI dari 4 bulan, yang menurut saya terlalu awal karena waktu itu leher Little E belum sepenuhnya bisa tegak, kasihan kalau makan tetapi kepala belum bisa tegak. Nah, dokter yang satu lagi menyarankan 5 bulan. Oleh karena itu akhirnya umur 5.5 bulan saya mulai MPASI. Tujuan saya, Little E bisa punya waktu lebih panjang untung explore dunia baru, yaitu makanan.

💘 Umur 5.5 bulan-6 bulan awal

Menu: bubur polos
Tekstur: 1 minggu pertama cair persis seperti susu, 1 minggu berikutnya ditambah perlahan kekentalannya (blender halus)
Porsi: 2-3 suap, pagi hari 2 jam setelah susu

Saya minggu pertama MPASI hanya bikin menu bubur polos. Kenapa cuma bubur polos? Alasan saya, saya ingin pencernaan Little E menyesuaikan dulu dengan perubahan makanan yang masuk di tubuhnya. Selama ini hanya susu, maka pencernaan Little E butuh waktu untuk menyesuaikan. Bakteri-bakteri baik yang di usus pun butuh waktu untuk berkembang dengan adanya makanan baru ini. Saya tidak berharap karena makanan baru ini Little E perut tidak nyaman, misal sakit perut atau kembung. Bayangin aja Mom, kita sendiri aja kalau makanan tidak cocok, perut jadi ga nyaman kan ya? Apalagi bayi masih kecil, kasiannn kan ya. Beri si kecil waktu untuk penyesuaian Mom. Harapannya, setelah makan dia masih happy, dan juga gembira menanti jadwal MPASI berikutnya. Kalau dia perut ga nyaman, dia bisa-bisa menolak untuk makan lo Moms.

Jadi waktu awal kasih MPASI, Little E bisa saja makan 10 suap, tapi saya benar-benar batasi hanya 2-3 suap. Bayi kecil masih belum mengerti apa yang terjadi dengan tubuhnya ya Mom, kita sebagai ibunya harus bisa bantu memilih dan membatasi. Mungkin kalau dilihat orang lain atau ibu jaman dulu, dipikirnya saya ibu tega ya, anak mau makan kok ga boleh. Hehehe. Tapi kembali lagi, saya akan bantu pilih yang terbaik untuk anak saya 😉

💘 Umur 6 bulan awal-6 bulan akhir

Menu: Bubur brokoli, bubur wortel, bubur bayam
Tekstur: bubur tidak terlalu cair, agak kental (blender halus)
Porsi: 25-50ml, pagi hari 2 jam setelah susu

Nah ketika sudah masuk 6 bulan, saya mulai kasih sayur. Sayur pertama adalah brokoli. Jadi saya buat bubur brokoli. Saya berikan 3 hari berturut-turut Mom, lalu baru ganti menu bubur wortel. Alasannya saya ingin Little E adaptasi dulu dengan 1 macam sayur, baru pindah sayur lainnya. Oh iya, untuk brokoli, batangnya jangan diberikan ya Mom, berikan bunganya saja karena bisa memicu sembelit. Teksturnya dibuat agak kental ya Moms, tetapi pastikan diblender haluss sehingga tidak bergerindil. Kalau mau aman, ya bisa dcoba saring lagi. Untuk porsi, saya perlahan tambahnya Moms. Saya tidak pernah menarget harus makan habis.

Bagi saya "Food before one is just for fun", makanan sebelum umur 1 tahun hanya untuk bermain saja, sumber utama gizi tetap dari ASI atau formula. Jadi Moms, jangan sampai berhenti mengASIhi atau memberikan susu formula ya Moms, karena walaupun tampaknya hanyalah "susu" tetapi gizi lengkap tetap ada di sana.

Oh iya, bubur ini semuanya saya buat seminggu sekali saja ya Moms, bagi yang juga berencana untuk bikin MPASI seminggu sekali atau bahkan 2 minggu sekali, bisa lihat tips nya di artikel ini ya Moms!

Comments

Popular posts from this blog

Kalender Taiwan tahun 2023

Masak MPASI untuk langsung 1 minggu, WHY NOT?

Resep MPASI: Bubur Ikan teri wortel (serving time: 10-15 menit)