Resep MPASI: Bubur Ayam (Bubur Base)

Resep MPASI: Bubur Ayam (Bubur Base)

Halo Mommies semuanya! Kali saya mau bagi resep MPASI saya, yaitu bubur base/bubur dasar. Seperti yang sudah saya mention di artikel ini kalau saya bikin MPASI itu seminggu sekali. Dan cara saya mengakali supaya menu tetap bervariasi adalah dengan mix and match. Dengan kata lain saya bikin bubur base nya, lalu sayuran nya dibuat terpisah sehingga mudah di mix and match. Bubur base ini benar-benar simple banget ya, karena cuma terdiri dari beras dan daging (ayam boleh, babi boleh, sapi boleh, ikan boleh).

Bahan:

1 cup beras (untuk porsi seminggu)
6 cup air (untuk kekentalan bayi 6 bulan)
Daging ayam UTUH(bisa diganti sapi, babi, atau ikan, banyaknya disesuaikan sendiri, tapi prinsip saya per serving kurang lebih 40 gr, kalau masak untuk 7 serving: 40gr*7)

Udah gitu aja. Lalu saya masak pakai dandang listrik seperti yang saya pernah bagikan fotonya di sini. Saya masak kurang lebih 30 menit ya. Ini semua tergantung kemampuan dandang kalian. Untuk perbandingan beras dan air:
6-7 bulan      (1:6)
7 bulan          (1:5)
8 bulan          (1:4)
9-10 bulan    (1:3.5)

Foto di atas bubur ikan salmon ya Moms, waktu Little E 7 bulan+. Kelihatannya buburnya ga berair ya Moms? Tapi karena waktu 7 bulan bubur saya sudah pakai hand blender (blender kasar), jadi airnya saya kurangi, secara kalau setelah blender, langsung auto banyak airnya. Lalu untuk waktu masak pun juga saya kurangi perlahan lahan, awalnya masak 30 menit, memasuki bulan ke 8 saya kurangi perlahan lahan, tujuannya supaya nasi tidak terlalu lembek lagi, supaya Little E belajar menguyah. Untuk dagingnya, pada waktu Little E masih 6-7 bulan, saya tidak cincang sama sekali, jadi UTUH saya masukkan. Mengapa? Karena setelah bubur matang, bubur saya saring sendiri, lalu daging saya blender sendiri. Jadi untuk memudahkan saya supaya tidak perlu "milihin" dagingnya, UTUH lebih baik. Blender saya menggunakan hand blender moms (lihat sini). Kalau sudah selesai, masukkan ke wadah MPASI per serving. 

Sekian resep untuk bubur base nya. Resep berikutnya adalah bubur dan dicampur sayuran lainnya. Happy cooking Lovely Mommies!

Comments

Popular posts from this blog

Kalender Taiwan tahun 2023

Masak MPASI untuk langsung 1 minggu, WHY NOT?

Resep MPASI: Bubur Ikan teri wortel (serving time: 10-15 menit)